Selasa, 29 Mei 2012

Planet Saturnus

Planet ini memiliki besar 9 kali besar Bumi. Planet ini dikelilingi oleh sejumlah cincin selebar 400.000 Km.
Cincin Saturnus ini tersusun atas partikel-partikel kecil yang berupa serpihan-serpihan salju.
Hasil pengamatan Voyager 1 dan 2 menunjukkan bahwa cincin Saturnus ini terdiri dari ribuan cincin yang tipis. Para ahli Astronomi berpendapat bahwa cincin Saturnus terbentuk dari partikel-partikel debu yang tidak tertarik ke dalam massa ketika Saturnus mulai terbentuk. Partikel-pertikel debu ini terus berputar mengelilingi Saturnus bagaikan remukan planet sampai sekarang ini.
Struktur Saturnus terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian inti batuan dan besi, bagian hydrogen dan helium metalik dan bagian terluar yang teridir dari Hidrogen, Helium & Air.
Saturnus memiliki jari-jari sekitar 13.800 Km (2 kali ukuran Bumi), dengan massa 19 kali massa Bumi dan memiliki suhu 10.000⁰C dan terdapat 17 satelit yang mengelilingi planet ini. Nama Satelit itu diantaranya adalah Titan, Rhea, Iapetus, Dione, Thetys, Mimas, Enceladus, Hyperion dan Phoebe. Nama satelit Saturnus ini diambil dari nama anak dan cucu Gaia (Dewa Bumi). Dari seluruh satelit Saturnus hanya satelit Titan, Mimas Enceladus, Tethys, Dione, Rhea, dan Iapetus yang berbentuk batuan. Sedangkan satelit-satelit lainnya hanya berupa bongkahan-bongkahan es besar saja.
Ada materi unik yang saya baca di sini


Keberadaan cincin Saturnus sebenarnya pertama kali telah diamati oleh Galileo pada tahun 1610. Namun saat itu, Galileo tidak mengetahui apa yang sebenarnya sedang ia amati, karena keterbatasan resolusi dan kualitas lensa teleskop yang digunakannya. Dengan teleskop sederhananya itu, Galielo mengamati adanya “pendamping” Saturnus yang selalu berada di samping planet tsb. Galileo lantas menyebut Saturnus sebagai planet kembar tiga, yang hampir bersinggungan, dan yang berada di tengah ukurannya sekitar tiga kali lebih besar dibandingkan yang lainnya. Konfigurasi seperti ini tidak berubah sepanjang pengamatannya.
Ketika ia kembali mengamati planet Saturnus dua tahun kemudian, kedua “pendamping” Saturnus yang dua tahun sebelumnya selalu berada disamping Saturnus, tidak kelihatan lagi. Saturnus kelihatan hanya sebagai sebuah piringan sebagaimana penampakan Jupiter. Kemudian ketika ia mengamati Saturnus tahun 1616, kedua “pendamping” Saturnus tsb kembali dapat diamati, hanya saja penampakannya berbeda dengan penampakan ketika ia pertama kali mengamati kedua pendamping Saturnus tsb tahun 1610. Hal ini sempat membingungkan Galileo. Ia menuliskan bahwa pengetahuannya saat itu tidak bisa menjelaskan fenomena tsb. Galileo sendiri menyebutkan “pendamping” Saturnus itu sebagai “ansae”, yaitu pegangan pada cangkir (telinga cangkir).
Cincin Saturnus terdiri dari partikel berbagai ukuran. Mulai dari ukuran sebesar debu yang biasa kita temui di rumah-rumah, sampai sebesar truk. Kesemuanya bercampur membentuk sistem cincin. Partikel-partikel pembentuk cincin Saturnus ini diselimuti oleh es dan karenanyalah cincin ini mampu memantulkan sebagian besar cahaya yang diterimanya dari Matahari. Karena itu, cincin planet Saturnus kelihatan terang, berbeda dengan cincin planet raksasa gas lainnya.
Sistem cincin Saturnus merentang lebih dari 40.000 km. Sistem cincin ini amat tipis dibandingkan dengan lebarnya, hanya dalam orde puluhan meter. Sebagai ilustrasi, cincin Saturnus ibarat kertas tisu yang selebar lapangan sepak bola. Sebab mengapa cincin Saturnus bisa amat lebar dan sekaligus amat tipis, adalah karena gaya-gaya yang berkerja dalam cincin. Partikel-partikel penyusun cincin bergerak dengan kecepatan yang berbeda. Semakin dekat partikel-partikel ini dengan planet Saturnus, kecepatan orbitnya semakin besar. Partikel-partikel ini saling mempengaruhi lewat tumbukan, dan dalam prosesnya, terjadi kehilangan energi. Akibatnya terjadi redistribusi momentum sudut yang menyebabkan partikel yang lebih dekat ke Saturnus akan semakin mendekat, sedangkan yang lebih jauh akan semakin menjauh. Dengan kata lain, terjadi proses pemipihan. Apapun bentuk awal sistem cincin, ia akan segera memipih dengan cepat

1 komentar: